Membuat AC portable sendiri

Saya sendiri belum mencoba mempraktikannya, Tips ini saya dapatkan dari blog tetangga. Hanya memposting kembali dengan memperjelas beberapa hal saja. oke langsung aja ya..

Bahan bahan yang kamu butuhkan:

1. Kotak styrofoam bekas

2. kipas cpu

3. lem super

4. heatsink pc / pendingin komputer

5. es batu

bahan tambahan: es batu nya bisa diganti kayaknya, pake keping panas dingin ajaib namanya peltier.

Ok setelah bahan dan alatnya udah siap semua, kita langsung menuju ke cara pengerjaannya pertama pisahkan kotak styrofoam bagian atas dan bawah lalu lubangi bagian atas kotak styrofoam, lubang untuk keluarnya udara melalui kipas, lubang untuk masuknya udara
lubang untuk kabel.

bentuk lubangnya engga harus kotak kaya gitu, mau bulet kotak atau apapun bentuknya, sesusai keinginan agan aja. yang penting ukuran lubang untuk masuknya udara jangan terlalu besar, karena akan mengakibatkan udara tidak bisa berkumpul di dalam kotak nantinya.

langkah selanjutnya adalah pasang kipas cpu dan heatsink pc, di kotak styrofoam bagian atas yang udah dilubangi tadi.
gunakan lem dan potongan kardus sebagai media untuk menempelkannya!

selanjutnya isi kotak styrofoam bagian bawah dengan es batu dan sedikit air dingin

lalu langakah terakhirnya satukan kotak styrofoam bagian atas dan bawah

jika semua sudah selesai di lakukan, sambungkan dengan sumber energinya, ada beberapa sumber energy yang bisa di gunakan. contohnya baterai

atau gunakan port USB buat yang punya komputer atau laptop pribadi di rumah. caranya dengan memodifikasi dulu (menyambungkan) kipas dan kabel USB seperti ini.

lebih rekomendasikan untuk menggunakan sumber energi yang ini (buat yang punya komputer / laptop)  cara kerja mini air conditioner ini adalah seperti ini . saat kita udah menyambungkan kipas dengan sumber energi, lalu kipas akan berputar, dan menyedot udara melalui lubang bagian belakang kotak. lalu udara tersebut akan melewati air, es batu, dan heatsink atau (pendingin cpu) kira-kira kaya gini gan gambarannya

-udara luar masuk melalui lubang bagian belakang-
-melewati lambung kotak yang bersuhu -+10 (derajat celcius)-
-udara sejuk keluar melalui lubang kipas di bagian depan kotak-
(maka agan bisa menikmati udara sejuk seperti menggunakan ac)

ada hal yang harus di ketahui. kipas angin tidak membuat udara menjadi sejuk, melainkan hanya membuat udara mengalir lebih cepat. jadi jika udara di dalam rumah 30(dc) maka udara yang keluar dari kipas anginpun akan tetap sama 30(dc).

berbeda dengan penggunaan mini air conditioner ini.
karena di dalam lambung kotak sudah di pasang heatsink pc(pendingin pc) dan es batu, jika udara di dalam ruangan sekitar 30(dc), maka udara yang di hasilkan mini air conditioner ini akan menjadi sekitar -+20(dc)

jadi jika dibandingkan dengan penggunaan kipas angin. selain udara yang dihasilkan mini air conditioner ini lebih sejuk, penggunaan mini air conditioner ini juga jauh lebih hemat energi dan efisien.

AC udah jadi:

Sumber:http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10055650

About these ads

3 thoughts on “Membuat AC portable sendiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s